Disdik OKU Tak Benarkan Tindakan Kepsek SMPN 26, Alfarizi : Wajah Dinas Pendidikan Ada Disekolah

Foto : sekretaris dinas pendidikan kabupaten OKU Alfarizi, SE Ak.M.Pd

OKU, Peristiwaterkini.id – Viralnya Oknum Kepala Sekolah SMPN 26 OKU M.Yani yang melakukan tindak penganiayaan terhadap 6 orang siswanya membuat Sekretaris Dinas Pendidikan Kabupaten OKU Alfarizi SE Ak MPd angkat bicara. Dibincangi diruang kerjanya pada Senin (5/9/2022) dirinya membenarkan kejadian tersebut. Namun dikatakan Alfarizi saat ini kedua belah pihak antara orang tua siswa dan kepala sekolah telah berdamai.

Bahkan dirinya mengatakan telah memanggil kepala sekolah SMPN 26 untuk diberi teguran serta pembinaan. Bukan hanya itu, dinas pendidikan juga mengeluarkan surat peringatan pertama kepada oknum kepala sekolah tersebut.

“Sudah 2 kali kita panggil, dan pernyataan nya memang sudah berdamai. Bahkan yang kedua kalinya kepala sekolah nya berjanji akan mendatangi rumah para siswa untuk menegaskan permohonan maafnya,” ujar Alfarizi.

Namun kata Alfarizi, perbuatan kepala sekolah yang melakukan tindakan berlebihan tetaplah tidak bisa dibenarkan. Sebab metode pendidikan zaman dahulu dan sekarang tidak lagi sama dan sangat menentang tindakan kekerasan.

“Makanya tetap kita beri teguran keras dengan mengeluarkan Surat peringatan Pertama (SP 1). dan Surya pernyataan ini telah kita tembuskan juga ke inspektorat, BKPSDM OKU, serta ke bupati OKU. Jika nantinya masalah ini akan berlanjut ya itu kita serahkan BKPSDM, Inspektorat atau Bupati, yang jelas kita susah upayakan perdamaian,” kata dia.

Dilanjutkan Alfarizi, dirinya sangat menyayangkan kejadian pemukulan terhadap siswa itu bisa terjadi. Sebab menurut Alfarizi wajah dari dinas pendidikan berdada di sekolah.

“Kalau sekolahnya tercoreng ya otomatis dinas pendidikan nya juga tercoreng. Mungkin niatnya memberikan pembinaan, namun dengan tindakan berlebihan, ini tidaklah dibenarkan,” lanjutnya.

Alfarizi sebagai sekretaris dinas pendidikan kabupaten OKU juga menyampaikan kepada para wali siswa permohonan maaf atas perlakuan kepala sekolah SMPN 26 OKU. “Kami juga atas nama dinas pendidikan meminta maaf atas kejadian ini kepada para wali siswa. Dan ini menjadi catatan khusus bagi kami untuk kedepannya tindakan seperti ini agar tidak terjadi lagi,” pungkasnya.(Lee).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *