Anggaran Pilkades belum cair, Yudi: Jika Panitia Merajuk, Lantas Mundur, Yang Laksanakan Pilkades Siapa?..

OKU, Peristiwaterkini.id – Gonjang Ganjing Anggaran Pemilihan Kepala Desa (pilkades) serentak tahun 2022 yang hingga saat ini belum dicairkan sampai juga ke telinga Wakil Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU) Yudi Purna Nugraha SH. Spontan hal itu menjadi sorotan baginya hingga politisi muda ini angkat bicara.

Dibincangi di kantor DPRD Jum’at petang (2/9/2022) Yudi mengatakan Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (PMD) dan stakeholder terkait lainnya, harus mempercepat penyaluran dana tersebut. Sebab kondisi tersebut menimbulkan kegundahan pada segenap panitia pilkades tingkat desa sebagai garis terdepan kesuksesan pesta demokrasi ini.

Baik yang telah dibebankan melalui APBD, maupun yang dibebankan kepada ABDes.

“Ya. Dana (Pilkades) itu harus segera diturunkan,” cetus Yudi lantang.

Alasannya, kata Yudi  sangat logis dan ini mesti disadari oleh Dinas PMD. Pertama, bahwa panitia pilkades itu adalah volunteer atau relawan.

Artinya, tidak ada kewajiban sesungguhnya bagi panitia untuk melaksanakan pilkades. Mereka terikat, oleh karena mereka bagian dari panitia.
“Sifatnya mereka itu relawan. Jadi harus ada kepastian. Makanya anggarannya harus dipercepat. Kalau mereka merajuk, lantas mundur dari kepanitiaan, lalu siapa yang mau menyelenggarakan?,” timpalnya.

Yang kedua, sambung Yudi, sudah menjadi harapan semua pihak bahwa penyelenggaraan Pilkades ini harus sukses.

“Nah, kalau dana terlambat turun kemudian panitia pilkades kebingungan, dikhawatirkan pilkades serentak tidak berjalan sesuai harapan,” imbuhnya.

Lebih jauh ia menjelaskan, bahwa kegelisahan dan kegundahan panitia pilkades di OKU ini semestinya tidak boleh terjadi.

Malah sebaliknya, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) pada prinsipnya haruslah berterima kasih. Mengapa? Karena ada sebagian dari warga desa yang mengikhlaskan kemampuannya, waktu, tenaga, pikiran untuk menjadi panitia pilkades.

“Nah semangat ini harus dijaga oleh Dinas PMD. Dan wujud nyata ucapan terima kasih kepada panitia pilkades, yakni dengan memberikan segala kemudahan bagi mereka untuk bekerja,” pungkas Yudi.

Seperti diberitakan sebelumnya bahwa meski tahapan pilkades serentak di 57 desa di Kabupaten OKU sudah berjalan namun, panitia justru sedang dilanda kegundahan. Pasalnya, anggaran pilkades sampai saat ini belum cair.

Bahkan di sebutkan dalam berita panitia harus putar otak untuk cari uang untuk jalankan tahapan Pilkades.(Lee).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *