Sehari Bisa Ratusan Pelanggaran Terekam Alat ini

Foto : alat perekam tilang elektronik yang telah berfungsi sama merekam setiap Pelanggaran yang dilakukan pengemudi kendaraan di simpang 4 air Paoh

OKU, Peristiwaterkini – Satuan Lalu lintas Polres OKU masih akan menggelar Rapat Koordinasi dengan Kejaksaan Negeri Kabupaten OKU dan Pengadilan Negeri Baturaja terkait penentuan denda tilang Elektronik (Etle). Hal ini diungkapkan Kapolres OKU AKBP Danu Agus Purnomo melalui Kasat Lantas Polres OKU AKP Sutrisman saat dijumpai di Kantor Satlantas polres OKU Jum’at pagi (2/9/2022).

Dikatakan AKP Sutrisman, saat ini pemberlakuan tilang elektronik di Kabupaten OKU masih belum terlaksana meski semua peralatan telah siap. Namun alat tersebut telah berfungsi untuk memantau berbagai pelanggaran yang dilakukan pengguna jalan.

“Nanti hari Selasa (6/9) kita akan menggelar rapat mengenai besaran denda tilang nya bersama kejaksaan dan pengadilan. Dan untuk waktu pemberlakuan kita masih menunggu instruksi pimpinan,” kata Kasat lantas.

Lalu, kata AKP Sutrisman nantinya setelah diberlakukan tilang elektronik pihaknya akan melibatkan Bhabinkamtibmas untuk mensosialisasikan ke masyarakat luas di kabupaten OKU.

“Kita sudah koordinasi juga mengenai sosialisasinya. Dan bahkan nantinya Surat tilang nya, Bhabinkamtibmas lah yang akan menyampaikan ke rumah pemilik kendaraan. Intinya bhabinkamtibmas lah yang menjadi ujung tombak dalam hal sosialisasi ke masyarakat,”jelasnya.

Masih kata AKP Sutrisman, meski pemberlakuan tilang elektronik belum dilakukan, namun pihaknya telah memantau setiap Pelanggaran yang terjadi. “Kalau pelanggaran nya sudah kita pantau, baik sepeda motor maupun mobil. Dab dalam perhari itu bisa sampai ratusan pelanggaran yang terpantau,” kata dia lagi.

Dikonfirmasi bentuk pelanggaran lalu lintas apa saja yang terjadi, AKP Sutrisman mengatakan untuk mobil didominasi pelanggaran tidak menggunakan safety belt (sabuk pengaman). Sementara untuk sepeda motor didominasi pelanggaran tak menggunakan helm. “Rata – rata pelanggarannya itu. Terutama diwaktu malam hari,” pungkas Kasat Lantas.(Lee).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *