Atasi Antrian Panjang di SPBU, Pemkab OKU Bentuk Tim Satgas Gabungan

Foto : Sekda OKU bersama Dandim 0403 OKU dan Kapolres OKU tampak duduk bersama saat rapat terkait Maslaah antrian BBM
Foto : Sekda OKU bersama Dandim 0403 OKU dan Kapolres OKU tampak duduk bersama saat rapat terkait Maslaah antrian BBM

OKU, Peristiwaterkini.id – Isu adanya kenaikan BBM membuat seluruh SPBU di Kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU) penuh dengan antrian kendaraan hingga ke ruas jalan protokol. Antiran didominasi kendaraan pribadi dan kendaraan truk serta minibus yang hendak mengisi bbm jenis solar dan pertalite.

Untuk menanggulangi agar antrian BBM di SPBU tidak semakin parah, Pemkab OKU, Polres OKU, Kodim OKU  mengambil sejumlah tindakan. Seperti Kamis pagi (1/9/2022), Sekda kabupaten OKU, Ahmad Tarmizi memimpin rapat dan diskusi  bersama TNI, Polri, Pertamina dan sejumlah pemangku kebijakan lainnya di ruang rapat Andi praja pemkab OKU.

Dalam rapat tersebut kemudian diputuskan jika pemkab OKU akan segera membentuk tim satgas gabungan guna mengatasi permasalahan antrian BBM.

Dikatakan Tarmizi, tim satgas yang telah di bentuk itu nantinya akan bertugas untuk mengawasi penyaluran bahkan dugaan pelanggaran yang dilakukan oknum sehingga menyebabkan antrian panjang. Selain itu satgas ini juga akan melakukan penegakan hukum bagi kendaraan yang melakukan pengisian berulang dan penimbunan.

Sementara itu Sales Branch Manager OKU Raya Zico Aldillah Syahtian memastikan saat ini penyaluran BBM subsidi di OKU tidak ada pengurangan. Bahkan menurutnya saat ini untuk kabupaten OKU pertamina sudah over kapasitas dari semestinya. Menurut Zico terjadi over diantara 18 hingga 26 persen dari kuota semestinya yang disalurkan Pertamina ke sembilan SPBU yang ada di OKU.

“Intinya kita (Pertamina) tidak mengurangi kuota suplai ke setiap SPBU. Semua sudah sebagaimana mestinya, bahkan sudah over,” ujar Zico.

Pada kesempatan itu pula,  Kapolres OKU, AKBP Danu Agus Purnomo didampingi Kasat Intel Polres OKU AKP Hendri menegaskan, Polres OKU sendiri sudah membentuk tim satgas sejak beberapa minggu terkahir.

Dijelaskanya, tim satgas itu akan memonitoring baik secara langsung dan tidak langsung melalui petugas di lapangan. Tim ini sendiri akan bergerak di setiap SPBU dan akan menindak kendaraan yang dicurigai mengisi berulang atau menimbun BBM subsidi.

“Jadi himbauan sudah kami sebar ke setiap SPBU, apabila ada oknum nakal apalagi dibekingi anggota kami akan tindaklanjuti tegas. Kami himbau juga masyarakat jangan panik belilah BBM seperlunya, ” Tegas Danu.(Lee)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *