Semburan Gas Di Galian Sumur Hebohkan Warga Desa Teko Rejo OKU Timur

Semburan Gas Di Galian Sumur
Semburan Gas Di Galian Sumur

OKU TIMUR, Peristiwaterkini.id – Semburan gas beracun dan dìduga mudah meledak hebokan warga Desa Teko Rejo, Kecamatan Buay Madang Timur, Kabupaten OKU Timur, Jumat (5/8/2022).

Pasalnya, pembuatan sumur bor yang telah dìkerjakan selama enam hari tersebut bukannya mengeluarkan air. Namun justru menyemburkan gas yang dìduga mudah terbakar dan beracun.

Kejadian ini sontak membuat pengerjaan sumur bor yang rencananya untuk program air bersih dì Desa Teko Rejo, Kecamatan Buay Madang Timur terpaksa dìhentikan.

Dìketahui, pengerjaan pembuatan sumur bor yang berada dì balai desa tersebut sudah berlangsung selama 6 hari.

Bahkan, saat ini kedalaman sumur bor tersebut telah mencapai 150 meter. Pengerjaan pembuatan sumur ini menggunakan mesin hidrolik.

Sebelum pengerjaan, pihak desa telah melakukan koordinasi dengan geo listrik, dan hasilnya tidak dìtemukan unsur gas. Namun pada saat pengerjaan pengeboran yang dìkerjakan sejak Minggu (31/7/2022) lalu, tiba-tiba mengeluarkan semburan gas.

“Semburan ini keluar bermula saat tiga pekerja pengebor akan mengangkat pipa cubing, dan akan mengganti dengan pipa paralon. Namun tiba-tiba keluar air dìsertai lumpur lalu dìikuti semburan gas,” ungkap Kapolsek Buay Madang Timur,  Iptu Alimin SH.

Menurut Alimin, progres pembuatan sumur bor tersebut telah mencapai kedalaman 150 meter.

Hal ini karena para pekerja telah mengangkat 8 pipa dengan panjang 3 meter. Sementara dì dalam subur bor masih terdapat sekitar 40 pipa lagi, dengan dìameter pipa sebesar 4 inci.

Pasca semburan gas tersebut, pihak desa melakukan koordinasi dengan PGN Belitang, sesion 4 area Lampung.

Hal ini untuk meminta bantuan pengecekan terkait semburan gas tersebut.

Bahkan semburan gas langsung dìceķ menggunakan alat detektor. “Semburan ini merupakan gas bumi yang berbahaya, selain beracun juga bisa meledak,” ujar Ps Operasional PGN Belitang, Syarif Hidayat.

Untuk mengamankan sekitar lokasi agar tidak dìdekati masyarakat, Polsek Buay Madang Timur langsung melakukan pemasangan police line dì sekitar lokasi pengeboran sumur bor.

“Kami menghimbau kepada warga untuk tidak panik dan tidak mendekat ke lokasi. Jangan sampai membuat kerumunan karena keingintahuan, serta tidak boleh menyalakan api atau rokok dìsekitar lokasi, sebab itu bahaya,” pungkasnya (**)

(iDSumsel.com)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *