Bikin Heboh, Pria yang Ditarik Orangutan di Kebun Binatang Ternyata Melewati Batas Dan Berakhir Meminta Maaf

Pria ditarik orangutan di Kampar, Riau.
Pria ditarik orangutan di Kampar, Riau.

Seorang pengunjung atau pemilik akun TikTok Ipin_Chill yang viral usai membagikan video dirinya ditarik orangutan saat berkunjung ke kebun binatang.

Peristiwa tersebut terjadi di Kebun Binatang Kasang Kulim di Perbatasan Pekanbaru dan Kabupaten Kampar, Riau. Insiden tersebut terjadi pada Senin, 6 Juni 2022 sekitar pukul 13.00 WIB.

Pada awalnya video tersebut dianggap lucu, namun video pria ditarik orangutan itu justru menuai kritikan karena dianggap berbahaya. Penjagaan pihak kebun binatang pun dipertanyakan, bagaimana bisa pria tersebut bisa sangat dekat dengan orangutan?

Melalui akun Instagram resminya, Kasang Kulim memperlihatkan posisi kandang orangutan dengan batas pengunjung. Sementara itu, di bagian pembatasnya juga tertulis peringatan “dilarang melintasi pagar kandang satwa”.

Artinya, pria pengunjung yang ditarik orangutan tersebut telah melewati batas sehingga terjadilah insiden penarikan kaki oleh orangutan dari dalam kandang.

Pihak Kasang Kulim pun menegaskan bahwa pihaknya sudah memberikan peringatan kepada pengunjung agar tak melewati pembatas.

Mereka sangat menyayangkan aksi pria yang nekat manjat pembatas demi mengambil konten tersebut. Apa yang dilakukan pria tersebut telah membahayakan diri sendiri dan juga satwa.

Pria berinisial HA (18) itu juga telah dipanggil oleh Balai Besar Sumber Daya Alam (KSDA) Riau untuk dimintai keterangan dan diberikan binaan.

HA mengakui bahwa dirinya bersalah dan melanggar aturan melewati pagar pembatas yang sudah ditetapkan oleh pisak Kasang Kulim dan mengambil video satwa orangutan. Sadar perilakunya membahayakan diri sendiri dan orang lain, HA pun berjanji tidak akan mengulangi perbuatannya lagi.

“Menurut pengakuannya, awalnya dia tidak berniat membuat konten hanya ingin mengambil vidio saja, namun pada akhirnya dia tertarik untuk meng up loadnya setelah melihat hasil vidio tersebut. HA berjanji untuk tidak mengulanginya lagi dan menghimbau masyarakat untuk tidak melakukan hal sebagaimana yang dilakukannya,” tulis KSDA Riau, Rabu (8/6/2022).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *