Belum banyak yang tahu “ini motif khas OKU”

OKU – Masyarakat wajib tahu ternyata Kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU), Sumatra Selatan (Sumsel) memiliki batik khas. Kini batik yang memiliki tiga motif kembali diangkat. Batik khas ini dikembangkan Melalui Dinas Pendidikan OKU bekerjasama dengan SPNF SKB OKU yang diproduksi secara bertahap.

Ada tiga motif dalam kain batik ini Antara lain motif bunga kangkung, Pucuk Rebung serta batik motif bunga Matahari Sesuai dengan Perda Nomor 15 Tahun 2012.

Dikesempatan lain dalam rangka memperingati hari kesatuan gerak PKK sekaligus acara rakerda dekranasda Prov Sumsel pada tgl 24 maret 2022 di Palembang Ibu Hj. Zwesti Karenia Teddy selaku PLH Ketua TP. PKK Kabupaten OKU berkesempatan hadir dan memakai batik khas OKU sekaligus memperkenalkan bahwa OKU memiliki batik khas sendiri.

“Batik ini memiliki corak berbeda dari batik daerah lain, kedepan akan ada perhatian khusus terhadap pengembangan batik OKU agar menjadi icon dan ciri khas dari kab OKU, Program pengembangan batik khas OKU ini dalam rangka mendukung program Ketua TP PKK Provinsi Sumsel ucap Ibu Hj. Febrita Lustia Herman Deru dan ketua dekranasda provinsi sumsel , ucap Zwesti Karenia Teddy (25/3).

Pemerintah OKU sudah mulai memperkenalkan batik OKU ke masyrakat luas , harapannya dengan adanya perhatian khusus perkembangan batik khas OKU dapat dikenal oleh masyarakat luas , pungkasnya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *