Gelar Tari Kreasi Peringatan Hari Anak Nasional

OKU – Dinas Pendidikan (disdik) kab Ogan Komering Ulu memperingati Hari Anak Nasional, dalam hal ini Bidang PAUD dan PNF bersama IGTKI OKU dan Himpaudi serta TP PKK kab OKU menyelenggarakan kegiatan lomba tari kreasi anak PAUd selasa (22/3).

Acara yang digelar di Gedung SKB Baturaja dihadiri oleh anak – anak dari TK dan Kelompok Belajar (KB) dan juga Ana Ferizal sebagai ketua Persit kodim 0403 OKU.

Tari kreasi Anak PAUD dibuka secara langsung oleh Bunda paud Zwesti Karenia plh ketua TP PKK kabupaten OKU sekaligus plh bunda PAUD OKU. Kegiatan yang bertema “Rancak Tari Kreasi Anak Nusantara”. tujuan pelaksanaan kegiatan ini adalah memberikan motivasi kepada anak usia dini agar kelak menjadi generasi yang berkarakter, dan memiliki kompetensi sehingga mampu berkompetensi di jaman yang akan datang.

“Jadi kegiatan ini adalah program yang di sinergikan dengan kegiatan ibu gubernur yang juga merupakan bunda paud sumsel dan TP PKK provinsi sumsel yang mengadakan tari kreasi tingkat provinsi yang nanti insha allah dilaksanakan antara bulan mei atau juni. Sehingga kami mensinergikan kegiatan tersebut dengan mengadakan tari kreasi paud pada level kecamatan dan kabupaten. Hal ini adalah untuk mendukung program – program ibu gubernur selaku bunda PAUD Sumsel,” jelas bunda PAUD kabupaten OKU Zwesti Karenia SE.

Zwesti juga mengatakan kegiatan ini merupakan bentuk dukungan kepada bunda PAUD sumsel untuk meningkatkan kemandirian anak, emosional anak yang dituangkan dalam gerakan atau tarian. “Ya tadi kita lihat penampilan dari anak – anak TK maupun KB ternyata mereka semangat sekali selain itu juga di padukan dengan kostum yang lucu – lucu. Dengan ini kita juga berharap agar dapat mencerdaskan generasi muda khususnya dalam jenjang usia dini.

Selain itu memberikan wadah bagi anak-anak didik kita, khususnya yang memiliki jiwa seni. Dengan demikian nantinya justru mereka lah yang akan dapat melestarikan budaya dan kesenian kita,” ungkapnya.

Sementara itu kabid pembinaan PAUD dan PNF Ahmad Azhar S.STP MM mengatakan lomba ini sebelumnya telah di ikuti oleh kecamatan lainya dan sudah di seleksi, sedangkan di kecamatan Baturaja Timur baru di mulai. Hal ini di karenakan banyaknya TK dan Kelompok Belajar (KB) di kecamatan Baturaja Timur, sehingga butuh waktu. “Nantinya masing – masing kecamatan akan mengirimkan juara 1 dan 2 saja baik untuk TK maupun KB yang akan mengikuti lomba tingkat kabupaten pada 28 Maret 2022 nanti, dan pemenang kabupaten akan mengikuti ke tongkat provinsi,” ujarnya.

Kegiatan ini diikuti 19 TK dan KB l, jumlah TK ada 12 dan KB ada 7. Sementara untuk pemenang kategori KB yaitu juara 1 PAUD Citra, juara 2 Nadya Al Manshur dan juara 3 KB Prima 1 SKB. kategori TK juara 1 yaitu TK Islamic centre, juara 2 ABA 1 Baturaja dan juara 3 TK Bhayangkari.(*)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *